Jenis-Jenis Aplikasi Otomatisasi Kantor
Anugerah bhavati
Penggunaan komputer sudah sangat memudahkan bagi
pekerjaan perkantoran, dengan menggunakan tekonologi komputenisasi dalam
perkantoran hal ini akan menyebabkan pekerjaan kantor menjadi lebih mekanis dan
lebih terstruktur. Menggunakan komputer dalam pekerjaan kantor tentu tidak
lepas dari menggunakan aplikasi yang terdapat dalam komputer tersebut. Berikut
ini aplikas-aplikasi otomotisasi perkantoran yang dapat digunakan.
1. Aplikasi Pengolah Kata
Aplikasi pengolah kata word processing adalah penggunaan
peralatan elektronik yang otomotif dapat melakukan beberap tugas sekaligus yang
diperlukan untuk membuat dokumen baik diketik kemudian mencetak dokumen
tersebut.
Word Processing memberikan pemecahan masalah dengan memberikan
kemampuan kepada manajer untuk membuat komunikasi tertulis yang lebih efektif untuk diberikan kepada orang lain.
Dengan kata lain word processing adalah penggunaan alat elektronik yang secara
otomatis dapat melakukan banyak tugas yang diperlukan untuk menyiapkan dokumen
yang diketik dicetak maupun dikirim menggunakan email.
Jenis aplikasi pengolah kata yang sering digunakan pada keseharian
pembuatan dokumen kantor adalah Ms.Word
namun aplikasi ini merupakan aplikasi yang berbayar. Sedangkan aplikasi
pengolah kata yang dapat digunakan secara gratis adalah Libre.
2. Surat Elektronik (E-mail)
Surat elektronik atau yang sering dikenal dengan E-mail adalah file hasil
ketikan menggunakan jaringan komputer yang memungkinkan para pemakai mengirim,
menyimpan dan menerima pesan dengan menggunakan terminal komputer dan alat
penyimpanan.
Terdapat 2 jenis email yang sering digunakan secara umum, dan kedua jenis
email tersebut dapat digunakan secara gratis, email tersebut berekstensi @gmail dikeluarkan oleh Google, dan @ymail dikeluarkan oleh Yahoo.
Silahkan baca Kekurangan dan
Kelebihan Email
3. Voice Mail
Hampir sama dengan surat elektronik tetapi pesan dikirim dengan
mengucapkannya dalam telepone. Telepone juga digunakan untuk mengambil pesan
yang telah dikirimkan. Perbedaannya bahwa anda hanya mengirimkan pesan dengan
mengucapkan pesan terebut melalui telepon dan bukan mengetiknnya. Dan anda
menggunakan telepone untuk memanggil pesan yang telah dikirimkan kepada anda.voice
mail memerlukan komputer dengan kemampuan menyimpan pesan audio dalam bentuk
digital, kemudian mengubahnya kembali menjadi bentuk audio ketika dipanggil.
4. Kalender Elektronik
Kalender elektronik menggunakan jaringan komputer untuk menyimpan dan
memanggil acara yang ditetapkan oleh manajer. Kalender elektronik bersifat
khusus diantara aplikasi perkantoran karna ia hanya menyusun terjadinya
komunikasi bukan sebagai media komunikasi.
Cara kerja kalender elektronik mirip seperti organizer. Manajer atau
sekertaris dapat memasukan pertemuan-pertemuan, menbuat perubahan dan menelaah
kalender itu dngan menggunakan keyboard.
5. Konfrensi Audio (Audio Confrencing)
Kenfrensi audio adalah penggunaan peralatan komunikasi suara untuk membuat
komunikaso audio diantara orang-orang yang tersebar secara geografis dengan
tujuan melaksakan konfrensi. Telepon Konfrensi merupakan bntuk pertama dan
masih digunakan. Konfrensi audio tidak memerlukan komputer, hanya melibatkan
fasilitas komunikasi 2 arah semisal telepon dan handphone. Keuntungan konfrensi
audio adalah sebagia berikut:
·
Biaya
peralatan yang diperlukan untuk konfernsi tergolong standar
·
Orang-orang
merasa nyaman berbicara di telepon
·
Konfrensi
audio dapat disiapkan dalam waktu singkat
6. Konfrensi Video
Konfrensut video adalah penggunaan peralatan televisi untuk menghubungkan
para peserta konfrensi yang terbesar secara geografis. Peralatan tersebut
menyediakan hubungan audio dan video. Seiring perkembangan waktu konfrensi
video dapat dilakukan oleh komputer dengan biaya yang murah. Aplikasi yang dibutuhkan
untuk konfrensi video menggunakan komputer dengan koneksi internet adalah Skype.
7. Faxsimile
Fax merupakan singkatan dari Facsimile
transmision, merupakan penggunaan khusus yang dapat membaca citra dokumen
pada satu ujung saluran komunikasi dan membuat salinan pada ujung lainnya.
Saluran komunikasinya sangat sering berbentuk saluran telepon biasa. Fax
berkontribusi pada pemecahan masalah dengan membagikandokumen kepada anggota
tim lain dengan mudah, tanpa dibatasi oleh letak geografis mereka.
Semua yang difotokopi dapat ditransmisikan oleh fax. Fax sangat mudah
diimplementasikan dan dioperasikan. Jalu telepon suara dapat berfungsi sebagai
channel –nya dan pengoperasian peralatan fax tidak sulit.
Baca juga Cara Menggunakan
Faximile
8. Slide Prensentase
Slide presentase adalah penggunaan komputer untuk tujuan memberikantampilan
materi yang dapat berupa gambar, kata, suara, maupun audio visual yang
ditampikan dalam bentuk slide. Aplikasi yang sering digunakan untuk menampilkan
slide presentase adalah Ms. Power Point.
Slide presentase ini sangat efektif sekali untuk menunjang pegawai dalam
melakukan presentase.
9. Pencitraan (Imaging)
Beberapa perusahaan memiliki volume dokumen yang besar sehingga mereka
harus menyimpan dalam file agar informasi dapat dipanggil atau di dapatkan
kembali jika diperlukan. Untuk mengatasi
masalah mengenai penyimpanan dan pemanggilan tampilan maka dapat digunakan
aplikasi yang dapat menyimpan dokumen fisik menjadi dokumen digital (file)
dengan menggunakan Scanner.
Dengan menggunakan scanner maka dokumen fisik yang dapat memakan tempat
penyimpanan yang cukup luas, dapat diganti menjadi dokumen bersifat digital
(file). Mesin scanner dihubungkan dengan komputer, mesin ini memindai dokumen
yang diletakan pada mesin tersebut kemudian memindai men-scan nya lalu merubah kedalam bentuk digital.
Jika sewaktu –waktu memerlukan dokumen tersbut, pegawai dapat mencetaknya
menggunakan printer .
10.
Aplikasi
Pengolah Angka
Aplikasi pengolah angka merupakan aplikasi yang paling sering digunakan
setelah aplikasi pengolah kata pada otomatisasi perkantoran. Aplikasi pengolah
angka memudahkan akuntan dalam membuat perhitungan-perhitungan keuangan dengan
mudah, sehingga meminimalkan kesalahan dalam pembuatan laporan keuangan.
Aplikasi pengolah angka yang paling banyak digunakan adalah Ms. Excel yang merupakan saudara Ms.
Word. Dan kedua aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar. Sedangkan untuk
aplikasi yang gratis dapat pula menggunakan aplikasi Libre.
Jenis Sofware Akuntansi di Inonesia
Akuntansi masa
kini, tidak hanya di tuntut menguasai pencatatan secara manual tap juga harus
mumpuni dalam bidang komputerisasinya. Alhasil berbagai software akuntansi pun
mutlak harus diketahui (syukur-syukur dikuasai).
Berikut ini
berbagai jenis software akuntasi yang beredar di indonesia, ada yang berbayar
namun ada juga yang gratisan, Software di bawah ini paling tidak satu saja
sudah harus di kuasai oleh seorang akuntan.
1.
ACCURATH (gratisan asli buatan Indonesia)
2.
ZAHIRAACOUNTING (asli buatan Indonesia)
3.
BEEACCOUNTING (asli buatan Indonesia)
4.
MAS SOFTWARE
5.
MYOR (aslinya buatan Australia)
6.
LIMAXSOFTWARE
7.
OMEGAAKUNTANSI
8.
KRISHAND GENERAL LEDGER
Nice Blog ^^
BalasHapus